Istri lebih pandai, lebih kaya, lebih alim dari Suami?

sikap istri terhadap suami

Bagaimana jika istri lebih pandai, lebih alim (berpengetahuan lebih baik bidang umum maupun agama) dari suami? atau bahkan bagaimana sebaiknya sikap istri jika ia lebih kaya dari suami?

sikap istri terhadap suami Istri lebih pandai, lebih kaya, lebih alim dari Suami?Wanita di zaman sekarang bisa saja mendapatkan semua itu. Ia selain cantik, bisa menjadi seorang yang pandai, alim beragama dan juga kaya. Atau tadinya sama seperti suaminya, biasa-biasa saja. Tetapi berjalannya waktu, si istri ini senang dan semangat dalam menuntut ilmu, terutama ilmu agama. Yang tadinya suami istri ini belum sepenuhnya menjalankan kewajiban-kewajibannya sebagai seorang muslim dan mukmin, si istri yang sudah mengaji ini menjadi sadar akan kewajibannya sebagai muslim, ia berusaha melaksanakan semua perintah Allah dan sunah rasul yang tadinya tidak ia ketahui.Sedangkan, suami barangkali fokusnya tetap berkarir mencari nafkah tidak sempat untuk belajar dan sadar akan hal tersebut. Si Istri mencoba menasihati suaminya, tapi belum menunjukkan hasil perubahan yang ia harapkan.  Lalu timbul-lah kekhawatiran terhadap suaminya , terhadap imamnya yang bertanggung jawab akan dirinya, anak-anak dan keluarganya, bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Lantas, bagaimana sikap istri seharusnya menghadapi keadaan yang demikian?

Menurut pendapat saya pribadi, sepandai atau sekaya apapun seorang istri dari suami, ia sebaiknya dan sepantasnya:

  1. Jangan pernah meremehkannya.

    Istri bisa mencari ilmu karena izin suami. Suami mempunyai peran istri bisa belajar banyak hal-hal baru di luar sana. Suami sangat berperan atas seorang istri sehingga ia bisa berkarir dan berpenghasilan. Jika istri keluar atau bekerja tanpa izin dan ridho suami, apakah bisa disebut istri yang pandai dan alim?

  2. Jangan pernah membanding-bandingkan suami dengan lelaki lain, di belakang atau di depannya.

    Kepercayaan dan kehormatannya bisa jatuh dan runtuh jika istri berbuat demikian. Bukankah salah satu kewajiban istri adalah menjaga kehormatan suami?

  3. Tetap menghormati suami dan memperlihatkan ketundukan serta kekaguman kepada suami.

    Jangan sampai membuat ia merasa rendah diri, tidak dihargai dan tidak nyaman dengan sikap istri yang superior merasa lebih dari dirinya. Coba jika dibalik, apakah kita mau dinasihati ini itu oleh seseorang yang tidak menghargai dan menghormati kita? apalagi suami adalah seorang laki-laki yang kebutuhan dasarnya adalah merasa diakui dan dihargai.

  4. Bersabar dan fokus bersyukur akan kebaikan-kebaikan suami

    Bersabar dalam hal apa saja? Bersabar dalam menerima keadaan, bersabar akan perbuatan suami, bersabar dalam memberi contoh kebaikan, bersabar dalam menyampaikan kebaikan dengan lemah lembut, dan bersabar dalam berdoa. Perlu disadari juga, suami mempunyai kebaikan-kebaikan yang begitu banyak. Jangan sampai perasaan sok pintar, sok alim membuat istri menjadi sombong dan tidak bersyukur bahkan durhaka terhadap suami (nuzyuz). Bukankah bersyukur akan kebaikan suami adalah ciri istri yang sholihah?  Fokus dalam bersyukur juga membuat kita bisa melihat nikmat-nikmatNya berupa kebaikan-kebaikan suami.

  5. Teruslah berdoa dan berprasangka baik kepada Allah dan juga berprasangka baik kepada suami

    Berdoa dengan penuh syukur kita telah diberi hidayah oleh Allah ta’ala. Dan juga berprasangka baik sangat penting dalam mewujudkan harapan-harapan kita. Allah sesuai prasangka hambaNya bukan?  Saat berprasangka, seseorang akan menghadirkan gambar-gambar dalam pikirannya disertai perasaan yang selaras. Hindarkan benci, khawatir, dan takut. Namun, hadirkan bayangan / visualisasi keadaan apa yang kita inginkan dengan jelas disertai perasaan bahagia, syukur dan damai.

  6. Ingat, semua orang berhak dan sedang berproses.

    Seorang istri yang saat ini merasa lebih baik dari suaminya pun dulu berproses dari tidak tahu menjadi tahu, menjadi sadar dan paham lalu mengamalkan. Maka, biarkan semua orang sedang berproses…berproses menjadi lebih baik..

Kalau suami saya alhamdulillah tetap lebih baik dari saya dari apapun, meskipun demikian poin-poin di atas juga sebagai #selfreminder

Silahkan share, semoga menginspirasi dan bermanfaat  ya icon wink Istri lebih pandai, lebih kaya, lebih alim dari Suami?

>>>cooltext1580593070 Istri lebih pandai, lebih kaya, lebih alim dari Suami?

 

 

 

What\\\'s on Your Mind about this article?

Galau, Sedih, Kesepian, Hati terasa sempit bisa dihapus dengan cara melakukan dan memperbanyak KEBAIKAN

Chanel Upika on Youtube