Ini dia 9 Macam Penyakit yang Disebabkan oleh Emosi Negatif (Bag. 1)

emosi negatif penyakit

Emosi atau e-motion merupakan energi yang bergerak. Emosi sendiri dari berasal dari bahasa latin yakni ‘movere’ atau pergerakan/bergerak. Emosi bisa didefinisikan sebagai aspek psikis  berupa rasa yang bergerak/mengalir dalam raga/tubuh yang sebabnya bisa dipengaruhi dari dalam atau luar. Emosi tidaklah selalu negatif, seputar kemarahan, benci, dendam, sakit hati, dsb. Akan tetapi, rasa bahagia, senang, bangga, cinta, damai adalah juga emosi, yang masuk dalam emosi positif tentunya.

emosi negatif dan penyakit 300x232 Ini dia 9 Macam Penyakit yang Disebabkan oleh Emosi Negatif (Bag. 1)Berbicara tentang emosi negatif, emosi negatif bisa menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan seseorang menderita suatu penyakit. Bukan cuma penyakit kejiwaan, tetapi sesuatu yang tak nampak ini bisa berefek langsung ke penyakit fisik. Pengaruhnya bisa menyebabkan penyakit ringan hingga penyakit berat yang mengancam kematian. Lalu, apa saja macam-macam penyakit yang disebabkan oleh emosi negatif?

1. Gangguan pencernaan, konstipasi, atau pun diare. Dikarenakan ketidakseimbangan pikiran rasional dan pikiran emosional.

2. Gangguan pegal nyeri di tulang punggung  bagian tengah (Thoracic) . Penyakit ini bisa muncul sebagai tanda kurang dukungan akan cinta, terlalu banyak beban pikiran maupun tenaga.

3. Gangguan di tulang belakang agak ke bawah  (lumbal) bisa ada karena kekurangan dukungan kondisi finansial.

4. Penyakit Kanker, selain karena gaya hidup, pola makan, tetapi faktor emosi negatif seperti perasaan benci yang mendalam akan masa lalu dan perasaan bersalah yang luar biasa dipendam bisa memicu sel kanker aktif.

5. Hipertensi/ tekanan darah tinggi dan penyakit jantung akibat adanya tekanan stress sehingga pembuluh darah menyempit didukung dengan kurang bisa mengontrol emosi marah karena persoalan di masa lalu yang belum selesai.

6. Sakit kepala. Penyakit ini mucul karena adanya selfkritik, kekhawatiran pada ketidakmampuan diri sendiri dan ketakutan akan suatu hal di masa depan yang terlalu dipikirkan.

7. Penyakit lambung (maag). Lambung akan memproduksi cairan asam berlebih akibat dipicu rasa kesedihan dan kecemasan, kekhawatiran, sehingga produksi asam lambung yang berlebihan ini akan mengakibatkan luka di lambung.

8. Penyakit asma. Penyakit ini merupakan akibat ketidakmampuan diri dalam mengelola emosi marah, tertekan yang terpendam, dan panik.

9. Gangguan organ pankreas/ Diabetes. Ketika orang marah, pankreas akan mengeras dan berhenti menghasilkan insulin. Penyakit diabetes juga merupakan efek dari orang yang mempunyai keinginan terlalu kuat mengontrol sesuatu, kekecewaan mendalam dari kenyataan yang terjadi tidak sesuai harapan.

Beragam penyakit sejatinya semua sudah ada di dalam tubuh kita, nah ketika dipicu dengan emosi-emosi negatif yang tidak seharusnya maka akan ON lalu mengendap dan mengganggu kerja tubuh. Selain gangguan kesehatan di atas, banyak sekali emosi-emosi negatif yang bisa memicu bermacam-macam penyakit dalam tubuh kita.. Bersambung ya..

Oke, Semoga bermanfaat dan semoga kita senantiasa lebih bijak menata emosi..

#selfreminder

Salam Berbagi, Sehat dan Bahagia icon smile Ini dia 9 Macam Penyakit yang Disebabkan oleh Emosi Negatif (Bag. 1)

What\\\'s on Your Mind about this article?

Chanel Upika on Youtube

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Name and email are required


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>