Tahu kah bahwa Hormon Melatonin : Hormon AntiKanker?

hormon melatonin kesehatan antikanker

Tahukah Anda bahwa di dalam tubuh kita terdapat hormon yang sangat penting dalam mencegah kanker dan menjaga kesehatan DNA?

Ya, dialah hormon melatonin. Salah satu hormon yang disekresikan oleh kelenjar pineal kita. Hormon melatonin ini memainkan peran yang vital dalam mengatur, mengontrol dan mengendalikan kelenjar atau hormon lainnya serta berbagai fungsi biologis organ-organ tubuh.

hormon melatonin kesehatan antikanker Tahu kah bahwa Hormon Melatonin : Hormon AntiKanker?Berikut sederet fungsi hormon melatonin yang perlu kita ketahui dan syukuri:

  • mengawasi dan mengatur kerja berbagai kelenjar endokrin yang lain dalam memproduksi hormonnya masing-masing,
  • mengendalikan kelebihan rangsangan sarap simpatik pada tekanan darah diastole dan mengurangi frekuensi detak jantung atau denyut nadi,
  • mengurangi ketegangan jiwa,
  • memperbaiki kualitas tidur,
  • memperkuat daya kekebalan tubuh,
  • meningkatkan daya tahan terhadap bakteri dan virus,
  • mencegah kanker, dan
  • mencegah pikun.

MasyaAllah, banyak banget fungsinya ternyata!

Nah, produksi hormon melatonin ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

A. Faktor Cahaya

Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal yang sangat peka dengan cahaya. Maka kelenjar pineal hanya mampu memproduksi hormon melatonin saat suasana gelap, yakni malam hari tanpa lampu. Oleh karenanya saat siang hari hormon ini tidak dapat ditemukan dalam darah. Produksi melatonin mencapai puncaknya antara pukul 23.00-02.00.

Dua penelitian di Amerika telah menunjukkan bahwa cahaya terang pada malam hari akan mengurangi produksi melatonin dan menyebabkan hormon estrogen meningkat pada perempuan sehingga keadaan ini akan meningkatkan timbulnya kanker payudara. Efek anti kanker ini dapat terjadi juga karena hormon melatonin dapat mencagah terjadinya kerusakan DNA yang disebabkan berbagai senyawa karsinogen.

Oleh karenanya, jika kita tidur pada malam hari, alangkah baiknya mematikan lampu atau meredupkan cahaya di kamar tidur. Ini penting untuk kualitas kesehatan tubuh kita. Sebagaimana anjuran Nabi Muhammad Salallahu’alaihiwasalam ““Matikanlah lampu-lampu pada malam hari ketika engkau hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu,…” [HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dll]”

B. Pengaruh Ketenangan Jiwa dan Raga

Terdapat penelitian yang dilakukan ilmuwan Amerika yang menunjukkan hasil bahwa kesedian, emosi, marah, dan stres dapat mengurangi produksi hormon melatonin serta menyebabkan terjadinya peningkatan produksi hormon estrogen pada para wanita. Seperti kita ketahui sebelumnya, hormon estrogen yang berlebih akan meningkatkan resiko timbulnya kanker payudara.

Pada penelitian lain, orang-orang yang mengalami goncangan jiwa, sedih, steress dan emosi negatif lainnya akan mengakibatkan penurunan hormon melatonin. Sehingga hormon serotonin diproduksi lebih banyak. Kondisi serotonin yang berlebihan ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah. Dengan demikian, aliran darah akan terganggu yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner, bahkan stroke.

Jadi, setelah Anda mengetahui begitu pentingnya peran hormon ini dalam kesehatan kita, lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai wujud syukur demi menjaga hormon ini tetap baik kinerjanya ?

Kita bisa memilih mulai sekarang dan seterusnya untuk:

  1. Mengurangi paparan sinar terang di malam hari, salah satunya dengan mematikan lampu saat tidur.
  2. Hidup ikhlas, tentram dan mengelola emosi kita. Caranya bisa dengan positive thinking dan positive feeling, memperbanyak dzikrullah agar hati semakin tenang, atau dan juga bisa dengan rajin meditasi pernafasan.
  3. Makan yang terkendali, tidak berlebihan, bagus lagi kalau sering berpuasa. Sebab, ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang berpuasa lebih tinggi produksi hormon melatoninnya.

Semoga artikel tentang hormon melatonin sebagai antikanker  bisa bermanfaat dan semakin sadar untuk semakin bersyukur ^^ Let’s Share!

Sumber: Buku Islamic Pineal Therapy karangan Dr. Iftachul’ain, Sp., THT

What\\\'s on Your Mind about this article?

Chanel Upika on Youtube