Doa Mohon Ampunan dan Keindahannya untuk Terapi Hati

peaceful_life-wide

Berikut salah satu doa memohon ampunan yang diajarkan Rasulullah salallahu ‘alaihi wassalam yang telah dibukukan oleh Imam Nawawi.

doa mohon ampunan Allah Doa Mohon Ampunan dan Keindahannya untuk Terapi HatiDoa Mohon Ampunan dan Keindahannya untuk Terapi Hati

“Allahumma inni dzolamtu nafsi dzulman katsiira wa laa yaghfirudz dzunuuba illa anta faghfirlii maghfiratan min ‘indika warhamni innaka antal ghafurur rahiim” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang besar. Dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali diriMu. Maka dari itu, ampunilah diriku dengan ampunan yang berasal dari diri-Mu. Kasihanilah diriku ini. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang. (Imam Nawawi (2009: 692) Al Azkar; The Complete Book of Zikir, Arkanleema)

Doa ini mempunyai tatanan terapi hati yang luar biasa kalimat per kalimatnya, sangat indah, tertata, dan tentunya powerfull. Bisa kita telaah di kalimat pertamanya,

“Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku”

, ini merupakan ungkapan pengakuan atas dosa dan kesalahan kita. Dalam kajian terapi, mengakui suatu rasa/dosa/kejadian/pikiran bisa membuka gerbang pembersihan kerak-kerak emosi dan noda di hati karena biasanya dosa akan diikuti perasaan bersalah, disadari ataupun tidak.

Pada Kalimat selanjutnya,

“Dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali diriMu”’

adalah sebuah pengakuan atau persaksian bahwa ada kekuatan di luar diri kita yang Maha yang mengatur kita, yang akan membebaskan kita dari rasa bersalah. Barulah setelah kita mengakui dosa dan mengakui kekuatan yang Maha, kita meminta, memohon untuk dibebaskan dan diampuni dari dosa dan rasa bersalah, lalu memohon pula tuk disayangi.

Indahnya lagi, di kalimat penutup ditekankan lagi dengan kalimat

Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Kalimat tersebut merupakan sebuah penekanan akan keyakinan atau iman bahwa kekuatan yang Maha itu yakni Allah memang Maha Pengampun yang pasti mengampuni kita karena sifat pengampunnya dan sifatnya yang lagi Maha Penyayang.

Doa memohon ampunan ini kalimatnya senada dengan doa ampunan lain, seperti doa nabi Adam alaihissalam, doa nabi Yunus alaihissalam, dzikir penghulu istighfar, dll. Kita bisa menggunakan beberapa sekaligus agar bisa lebih kuat efeknya dalam mendekatkan diri kita ke Maha sumber energi kehidupan untuk mensucikan diri.

Doa ini juga sunnah dilantunkan setelah tasyahud akhir sebelum salam dalam sholat kita.

Ulangi beberapa kali doa memohon ampunan sambil benar-benar meresapi akan membuat hati kita tenang, damai, dan plong. Setelah kita mengakui dosa-dosa kita, mengakui hanya Dia yang dapat membebaskan dan mengampuni kita dari dosa-dosa tersebut, serta meyakini seyakin-yakinnya bahwa Allah akan mengampuni dosa kita karna kasih sayangNya yang begitu Maha Besar, maka selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah kita bersyukur dan memperbanyak berbuat kebaikan. Supaya, kerak-kerak hati yang sudah dibersihkan bisa diisi dengan hal yang baik dan membaikkan kehidupan.

Selamat bebersih, semoga bermanfaat, silahkan share doa memohon ampunan ini..dan selamat merasakan kedamaian dan keindahannya.

Terima kasih…

Salam Bahagia Berlimpah Damai icon wink Doa Mohon Ampunan dan Keindahannya untuk Terapi Hati

What\\\'s on Your Mind about this article?

Chanel Upika on Youtube