Ceritaku: Cara mengendalikan dan mendamaikan pikiran liar

cara mengendalikan pikiran

Ingin menulis. Kok bingung mau nulis apa ya. Banyak sih ide-ide bertaburan dan lintasan pikiran silih berganti datang dan pergi tentang apa yang rencananya mau ditulis. Tapi kok, hang! mandeg! Hanya memandangi layar putih. Akhirnya kumulai dulu dengan curhat ini. Hahaha..

Pikiran. Setiap hari. Setiap jam. Setiap detik. Buanyak banget yang kita pikirkan. Sampai-sampai kadang lupa menikmati dan menyadari sat ini. Saat ini lebih sering diisi mikirin besok, mikirin nanti mau ngapain aja atau malah menyesali masa lalu. Mengingat ingat memori masa silam, ah seharusnya aku gak begini dan begitu. Oh..manusia! kalau seperti itu kata salah seorang guru kehidupanku hal yang begitu itu yang dinamakan penderitaan. Badan kita ada di saat ini tapi pikiran melayang entah kemana sehingga perasaan ikut campur aduk. Nasihatnya yang masih begitu membekas adalah sadari saat ini, sadari dan amati pikiran kita yang sukanya meloncat-loncat kayak monyet. Loncat ke masa lalu balik lagi terus loncat lagi ke masa depan. Gak ada habis-habisnya!

Terus, gimana dong?  Supaya kita bisa menikmati hidup ini dan tidak terperangkap dalam penjara penderitaan pikiran? Ceileh bahasyanyah… xixixi

Baik , kita mulai sama-sama yah.

cara mengendalikan pikiran Ceritaku: Cara mengendalikan dan mendamaikan pikiran liarCara mengendalikan dan mendamaikan pikiran liar

  • Sadari nafas. Aku merasakan udara masuk melalui hidung, perlahan kemudian kuhembuskan..santai..rileks.. Sadari nafas adalah kunci penting menyadari kehidupan di saat ini. Karena hal tersebut membawa pikiran yang liar tadi terkunci menyatu dengan tubuh dimana ia berada. Sadari nafas lagi..rileks..masuk..keluar.. sadari nafas beberapa saat dan nikmati. Oke, gimana rasanya? Hanya dengan menyadari nafas kita bisa mengendalikan dan mendamaikan pikiran.
  • Amati pikiran liar yang meloncat-loncat. Pikiran-pikiran kita ibarat film yang memutar apa saja tak ada hentinya. So, amati saja tanpa mengintervensi, tanpa mengarahkan harus begini begitu. Sembari menyadari nafas maka ketika kita mengamati pikiran itu sendiri maka yang terjadi adalah pikiran itu akan diam dan hening sendiri. Kita bisa merasakan kedamaian yang tak bisa diungkapkan dengan keterbatasan kata. Kuncinya ketika pikiran terjaga maka perasaan atau emosi kita juga bakal enak.
  • Bergeraklah. Banyak bergerak, aktifitas fisik dan olahraga dapat membantu kita menjaga pikiran pada di tempatnya. Gak jarang kan orang galau itu biasanya karena kebanyakan bengong, pegang hp seharian, memandangi layar tancep tanpa kedip, hehe, gulang guling di tempat tidur, or  duduk ngelamun. Jadi, bergeraklah seperti anak kecil. Bermain aktifitas fisik membuat pikiran dan mood kita terjaga.

Ya itulah!

Eealah, yang tadinya ku bingung mau nulis apa gara-gara pikiran liarku yang ke sana kemari akhirnya malah bisa cerita dan nulis artikel ini yang menyadarkan kembali diriku untuk bisa lebih sadar mengendalikan dan mendamaikan pikiran. Oke, semoga bermanfaat yah. Silahkan share ^^

What\\\'s on Your Mind about this article?

Chanel Upika on Youtube